cover
Contact Name
Ashadi Cahyadi
Contact Email
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6285245805803
Journal Mail Official
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116 Telp. (0561) 748219
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Olah Raga
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 20892829     EISSN : 24071528     DOI : http://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published twice a year, in June and December. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports, and with p-ISSN: 2089-2829 and e-ISSN: 2407-1528. (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/about/editorialPolicies#focusAndScope)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN Henry Maksum; Tovan Ridho Wibowo
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v8i1.1213

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar hasil belajar chest pass dalam permainan Bola Basket melalui Pendekatan Bermain. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tinadakan kelas (PTK). Subyek penelitiannya siswa kelas X SMA Negeri 1 Sintang yang terdiridari 23 siswa putri dan 12 siswa putra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar observasi dan bentuk tes. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa melalui metode pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan chest passdarites yang diberikan, yaitunilai rata-rata sebelum menggunakan pendekatan bermain yaitu 43% tuntas dan 57% belum tuntas, setelah menggunakan pendekatan bermain pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 63% siswa yang tuntas dan 37% siswa belum tuntas, pada siklus II dengan perlakuan yang sama terjadi peningkatan menjadi 80% siswa yang tuntas dan hanya tersisa20 % siswa yang belum tuntas. Artinya bahwa terdapat peningkatan hasil belajar chest pass bola basket dengan menggunakan pendekatan bermain.
MODEL LATIHAN SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK PEMULA Samsu Nurfalah; Achmad Sofyan Hanif; Yasep Satyakarnawijaya
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v8i1.1216

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa model latihan smash dalam permainan bola voli untuk pemula dan memperoleh data tentang pengembangan dan penerapan model latihan smash serta untuk mengetahui efektifitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dari Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah anggota ekstrakulikuler Siswa SMA berjumlah 30 orang. Tahapan penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, evaluasi ahli, ujicoba kelompok kecil, ujicoba kelompok besar, dan uji efektifitas model menggunakan tes smash bola voli  digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan smash atlet pemula, pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 15,05, dan posttest diperoleh nilai rata-rata 20,75. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan posttest diberikan perlakuan model latihan smash yang dikembangkan. Dengan ini model latihan smash dalam permainan bola voli untuk pemula efektif untuk meningkatkan kemampuan smash bola voli.
MODEL PEMBELAJARAN SHOOTING FUTSAL UNTUK SISWA SMA Verdy Tri Aprian Nosa; Iman Sulaiman; Fatah Nurdin; Agus Rizqi Praniata
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v8i1.1218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran shooting futsal untuk siswa SMA, serta bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran ini. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research dan development) yang teridiri dari sepuluh langkah (1) Penelitian dan mengumpulkan informasi (2) perencanaan (3) pembuatan produk (4) evaluasi ahli (5) revisi (6) uji kelompok kecil dengan menggunakan 30 subjek (7) revisi (8) uji coba kelompok besar menggunakan 60 subjek (9) revisi produk akhir (10) desiminasi dan implementasi. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, pengisian kuesioner dan tes keterampilan shooting futsal untuk mengetahui peningkatan shooting futsal pada siswa SMA yang menggunakan model pembelajaran shooting futsal untuk siswa SMA. Berdasarkan hasil uji efektifitas model dengan menggunakan metode eksperimen dan pendekatan the one group pretest-posttest design. Sample dalam uji efektivitas ini adalah kelas eksperimen berjumlah 30 orang siswa SMA yang diberi model pembelajaran shooting futsal untuk siswa SMA. Hasil perhitungan statistika dengan menggunakan paired sample t test untuk eksperimen menunjukan nilai signifikansi 0,0000,05 kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah model pembelejaran shooting futsal untuk siswa SMA dan efektive digunakan sebagai model pembelajaran shooting futsal untuk siswa SMA.
RELATIONSHIP BETWEEN BODY COMPOSITION AND MAXIMUM OXYGEN VOLUME (VO2MAX) IN YOUNG AND YOUNG ADULT MALE ATHLETES (10-30 YEARS OLD Aria Novita Sari
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v8i1.1066

Abstract

Physiologically, male athletes have less body fat and higher muscle mass than women athletes. These conditions make male athletes more easier to regulate oxygen (O2) consumption to muscles, to support maximum performance during exercising. Physical fitness athlete is related to the ability hit peak performance. The average of ability hit peak performance is 30 years old. Maximal oxygen uptake (vo2max) has been regarded as the best indicator of athlete's physical capacity. The purpose of this systematic review was to determine relationship between body composition with vo2max in young and young adult athletes (10-30 years old). The method used is a systematic review, articles were searched by ProQuest, Wiley Online Library, and ScienceDirect database. There are five articles that meet the inclusion and exclusion criteria. Body compositions observed include BMI, BM, LBM, BF, and FM. The results obtained by IMT was significant negative (r -0.42), (r -0.39), (r -0.36). BM was significant negative (r -0.39). LBM was significant positive (r 0.51), (r 0.38), and (r 0.38). % BF was significant negative (OR -0.804) and (r -0.40). FM was significant negative (r -0.36) and (r -0.36).
MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PASSING FUTSAL BERBASIS PERMAINAN UNTUK SMA Chairul Umam Ramadhan; Widiastuti Widiastuti; Samsudin Samsudin
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v8i1.1219

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk model pembelajaran keterampilan passing futsal berbasis permainan untuk Sekolah Menegah Atas. Penelitian ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi tentang pengembangan dan penerapan pembelajaran keterampilan passing futsal berbasis permainan untuk sekolah menegah atas serta untuk mengetahui efektivitas model yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Research Development (RD) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang mengikuti ekstrakulikuler futsal yang terdiri dari 20 siswa untuk uji kelompok kecil, 60 siswa untuk uji kelompok besar dan 39 siswa untuk uji efektifitas. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah: analisis kebutuhan, evaluasi ahli (evaluasi produkawal), uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar ( field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan passing futsal yang digunakanuntukmengetahuitingkatkemampuanpassing futsal siswa sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model pembelajaran keterampilan passing futsal yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan passing siswa adalah 8.394. Setelah diberikan perlakuan model pembelajar keterampilan passing didapatkan tingkatk emampuan passing siswa10.657. Pada uji signifikan didapatkan mean = -2.26316 menunjukan selisih dari hasil pre-test dan hasil post-test, hasil t-hitung = -11.014 df=37 dan p-value= 0.00 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran keterampilan passing futsal.
HASIL KETERAMPILAN LOMPAT JANGKIT (Studi Eksperimen Menggunakan Latihan Plyometrik) Akhmad Sobarna; Sumbara Hambali; Rony Mohamad Rizal; Lingga Sevtiadzi
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v8i1.1233

Abstract

Penelitian ini menggunakan studi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh latihan plyometrik lompat dua terhadap keterampilan lompat jangkit. Populasi penelitian yaitu mahasiswa STKIP Pasundan Cimahi tingkat I yang berjumlah 196 orang. Sampel penelitian berjumlah 60 orang yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes keteramplan (performance test) yaitu tes lompat jauh. Selanjunya dana penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16. Sebelum dinalisis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan one-sample Kolmogorov-Smirnov test dan uji homogenitas menggunakan Levene’s test. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa data pre test dan post test berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis uji paired sample t test diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh latihan plyometrik lompat dua terhadap keterampilan lompat jauh pada mahasiswa STKIP Pasundan Cimahi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olahraga More Issue